Jumat, 04 April 2014

JOKOWI MENJAJAL IWAN FALS SEBAGAI CAWAPRES?



Hari Khamis kemarin malam (03 April 2014) Joko Widodo bertandang ke kediaman musisi legendaris Nusantara, Iwan Fals di kawasan Tapos Depok Jawa Barat. Walaupun kedatangannya ditepis oleh Jokowi sebagai laku silaturrahmi, namun jika mau jujur dengan rasionalitas dan kalkulasi berpikir politik tentu tidak dapat menyembunyikan tanda tanya dan mendeteksi tendensi, mengapa bersilaturrahmi ke tokoh se-kharismatik “Bang Iwan”.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, Iwan Fals bukanlah pemusik yang lahir kemarin sore dan tenar di hari ini. Ia simbol perlawanan rakyat kecil atas kerasnya kehidupan di masa lampau (orde baru) yang tidak menginginkan rakyatnya berkata lugas jujur dengan kenyataan. Musik-musik yang dinyanyikannya sebenarnya merupakan orasi ptotesnya dengan suara kebebasan yang dibelenggu oleh rezim, dan ia berani melakukan itu dengan taruhan jeruji besi dan ladenan penembak misterius (petrus), saat aktivis-aktivis penyeru demokrasi hilang diculik ia tetap tegar dengan alunan gitar dan suara harmonikanya hingga membangunkan “semut kuning reformasi” tahun 1998 yang menggulingkan kekuasaan Soeharto dari “kursi empuknya”.

Sangat mungkin Jokowi sedang menjajal Iwan Fals untuk mendampinginya kelak (jika Tuhan dan rakyat mengizinkan) sebagai Wakil Presiden, mengingat Bang Iwan juga merupakan tokoh kesayangan rakyat yang memiliki tingkat aksetabilitas dan elektabilitas yang tidak bisa dianggap remeh. Bila Jokowi dan Iwan Fals benar berpasangan, bisa jadi mereka akan mendapat dukungan besar dari masyarakat luas yang telah letih dengan opera yang dipertunjukan para politisi yang gemar mengumbar janji manis namun berkenyataan pahit. Jika Bang Iwan menjadi simbol wong cilik dalam dunia musik, maka Jokowi menjadi simbol perlawanan rakyat atas kemapanan kaum kapitalis dalam dunia politik. Mungkinkah simbol musik dan politik wong cilik ini dapatkah bersatu menjadi Dwi Tunggal di negeri ini? Kita nantikan saja perkembangan selanjutnya dari Jokowi dan Iwan Fals.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar